Senin, 11 Maret 2013

Wisata Danau Kelimutu Flores



Kali ini mari kita menuju ke Flores, Nusa Tenggara Timur, yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beberapa objek wisata menawan, termasuk Danau Kelimutu. Danau ini dikatakan sebagai salah satu danau 'ajaib' di dunia, karena yang membuatnya 'unik dan ajaib' adalah ketiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda, antara lain merah, biru, dan putih, kemudian yang lebih ajaib lagi, danau ini bisa berubah rubah warna, tergantung cuaca di sekitar sana. Dan yang mungkin membuat anda sedikit terkejut adalah letaknya yang berada tepat di kawah Gunung Kelimutu.



Ternyata Wisata Danau Kelimutu Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki legenda sendiri, menurut masyarakat sekitar, tiga danau berbeda warna ini memiliki arti sendiri. Untuk danau yang berwarna Biru namanya adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang menurut masyarakat sekitar adalah kumpulan jiwa-jiwa muda mudi yang telah meninggal, kemudian untuk danau yang berwarna merah, namanya adalah Tiwu Ata Polo dipercaya merupakan kumpulan jiwa jiwa telah meninggal yang selama hidupnya berbuat jahat, kemudian yang terakhir adalah danau berwarna putih yang bernama Tiwu Ata Mbupu yang berarti tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal dunia.

Objek Wisata Danau Kelimutu Flores ini memang merupakan salah satu objek wisata ekstrim dan eksotik, dikatakan ekstrim karena letaknya di puncak gunung kelimutu yang berada pada ketinggian 1.640 meter diatas permukaan laut, dan merupakan kepundan dari gunung kelimutu itu sendiri. Nah, sedangkan dikatakan 'danau eksotis' karena danau ini memiliki tiga warna sekaligus, sungguh sebuah fenomena alam yang besar berada di puncak gunung ini. Tak heran jika wisatawan rela untuk mendaki gunung kelimutu ini hanya untuk melihat fenomena alam tersebut.

Kemudian, selain itu nama Gunung Kelimutu itu sendiri juga berasal dari dari kata 'Keli' yang berarti Gunung dan 'Mutu' yang berarti mendidih, masyarakat sekitar percaya bahwa warna yang ditimbulkan tersebut menyimpan sebuah energi alam yang sangat dahsyat.

Untuk menikmati danau kelimutu ini anda harus berangkat di pagi hari atau menjelang siang, karena suasana gunung sangat bagus dan alami, jika anda mendaki ketika sore hari, maka danau kelimutu itu akan tertutup kabut dan menghalangi pandangan kita. Nah, bagaimana ? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi wisata danau kelimutu flores ini ? Jika ia, siapkanlah diri anda karena rute yang harus anda lewati cukup panjang dan ekstrim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar